Selasa, 15 Juni 2010

perbandingan prevalensi st.gizi

Di dunia ini ada beberapa jenis baku rujukan. Baku rujukan tersebut antara lain Harvard (Boston), WHO-NCHS, Tanner dan Kanada. Baku rujukan Harvard dan WHO- NCHS adalah baku rujukan yang paling umum digunakan di berbagai Negara. Bahkan sekarang, WHO merekomendasikan penggunaan WHO-NCHS digunakan di seluruh Negara. Distribusi data berat badan, tinggi badan, dan berat menurut tinggi badan yang dipublikasikan WHO meliputi data anak umur 0-18 tahun. Data baku rujukan WHO-NCHS disajikan dalam dua versi yaitu persentil dan skor simpang baku (Z score).

Dari data yang diperoleh, dengan menggunakan sampel yang sama, pada masing-masing baku rujukan terdapat perbedaan dari perbandingan indeks BB/TB dan BB/U. Sedangkan pada indeks TB/U tidak ditemukan perbedaan dari hasil analisis yang telah dilakukan. 

Dari analisis yang telah dilakukan penulis menyarankan untuk menentukan prevalensi status gizi, lebih baik menggunakan WHO 2005. Karena, Pada WHO NCHS tidak ditentukan prevalensi status gizinya dengan indeks BB/U. Dan WHO 2005 adalah baku rujukan yang paling baru yang dikeluarkan oleh WHO.

untuk lebih lengkapnya silakan klik disini

0 komentar:

Template by - Abdul Munir | Daya Earth Blogger Template